Miriam Budiarjo Award 2007

Miriam Budiarjo Award (MBA) 2007 merupakan penghargaan atas penelitian strategis yang merupakan program Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) sejak 2003. MBA 2007 terbuka bagi semua sivitas akademika perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia (pengajar dan mahasiswa S0 sampai S3), baik secara perseorangan maupun berkelompok.


Penghargaan ini diberikan sebagai realisasi untuk menjadikan FISIP UI sebagai research faculty dan memberikan sumbang saran terhadap permasalahan-permasalahan strategis bangsa, serta menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan sivitas akademika.

Penghargaan ini diberikan untuk mempertahankan tradisi keilmuan yang telah dikembangkan almarhum Miriam Budarjo sebagai guru besar FISIP UI di bidang ilmu politik yang memiliki reputasi ternama baik di dalam maupun di luar negeri.

Penelitian yang didanai oleh MBA adalah penelitian strategis yang sifatnya tidak terlalu menekankan urgensi ilmiah serta pembahasan teoritik, namun lebih menekankan konteks pragmatis guna mengulas permasalahan makro yang tingkat urgensinya tinggi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan telaah kritis atas kebijakan publik tertentu.

Tujuan
Selain untuk meningkatkan jumlah dan kualitas peneliti dan mendorong publikasi hasil-hasil penelitian di jurnal-jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal-jurnal internasional, MBA dibuat guna memberi kesempatan kepada seluruh sivitas akademika dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta untuk melakukan penelitian dalam rangka mencari penyelesaian terhadap permasalahan bangsa.

Tema
"Demokrasi Politik dan Kebangkitan Nasional"

Kriteria Khusus
1. Setiap peneliti/kelompok peneliti bebas memilih topik dan juga pendekatan, metode, data maupun penyajiannya.
2. Setiap kegiatan penelitian diupayakan mengandung komposisi umum:
* 30% telusuran literatur
* 40% data primer
* Setiap peneliti atau kelompok peneliti yang berminat harus mengajukan proposal dengan jumlah maksimal 20 halaman, jenis huruf Arial 12, ukuran kertas A4, dijilid dengan halaman muka berwarna hijau.
3. Berkas pengajuan lengkap dikirim ke Panitia MBA 2007, baik melalui pos yang dialamatkan kepada: Panitia Miriam Budiarjo Award 2007, Gedung H Lantai 6 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu POlitik Universitas Indonesia, Depok 16424 maupun surat elektronik dengan alamat irma53@ui.edu atau miftahul@ui.edu selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2007.

Jadwal Seleksi dan Hadiah
Seleksi tema dan manfaat penelitian (akan dipilih 10 peserta terbaik): 7 September 2007.
Penyajian dalam seminar (akan dipilih 5 peserta terbaik)
Peserta terbaik akan memperoleh dana awal masing-masing Rp.2.000.000 (dua juta Rupiah) dan tidak perlu dikembalikan
Seminar hasil penelitian (akan dipilih 3 peserta terbaik). Peserta terbaik akan memperoleh hadih:
Juara I : Rp. 15.000.000
Juara II : Rp. 10.000.000
Juara III : Rp. 7.500.000

Penilaian
Tim penilai terdiri atas tiga pakar dan guru besar, baik dari dalam maupun luar lingkungan Universitas Indonesia. Penilaian meliputi tiga tahap yaitu:
* Tema dan manfaat penelitian
* Penyajian dalam seminar di depan tim penilai
* Laporan penelitian lengkap (maksimal 150 halaman isi, kertas A4, spasi ganda), laporan singkat (executive summary), dan laporan versi9 jurnal.


HUMAS FISIP UI


0 Comments: